Naik Gratis, Turun Bayar

Posted by Gilang Biantara Jumat, 24 Agustus 2012 0 komentar
KOMPAS/ANASTASIA JOICE Naik unta di Petra, Jordan.

Naik kuda bagi kebanyakan kita mungkin sudah biasa. Setidaknya di sejumlah tempat wisata kita banyak menemuinya. Tetapi naik unta?

"Ayo naik kuda, biaya sudah termasuk tiket Anda," ujar seorang penjaja jasa kuda di pintu masuk Petra, Jordan. Seorang lain menawarkan untanya.

Biaya masuk ke Petra untuk orang asing 50 dinar Jordan. Kira-kira setara Rp 662.000. Satu dinar Jordan sekitar Rp 13.000, lebih tinggi daripada kurs euro yang hanya Rp 11.800.

Begitu mendengar bahwa jika kita naik kuda atau unta merupakan "fasilitas" yang termasuk tiket masuk, beberapa kawan mencoba naik unta.

Kuda atau unta itu bisa disewa untuk menyusuri kota tua Petra yang jalannya berbatu-batu dan sangat panas walaupun belum sampai pada musim panas. Lumayan untuk mengurangi pegal di kaki.

Hanya, kalau naik kuda atau unta, kita tidak dapat mendengarkan penjelasan pemandu wisata tentang tempat-tempat menarik di Petra, kota yang diukir pada gunung-gunung batu.

Selain menunggang kuda atau unta, di kawasan ini juga terdapat kereta kuda yang dapat menarik dua orang, yakni keledai.

Walaupun pada awalnya mereka menyatakan naik kuda atau unta gratis, ternyata mereka mengutip lagi bayaran ketika kita turun. "Kalau kamu naik unta, sukar turunnya. Unta hanya mau diperintah oleh tuan yang dikenalnya," ujar Abdul, pemandu wisata.

Mereka mengutip bayaran mulai dari 3 dinar, tergantung dari jauh atau dekat jarak yang ditempuh. Naik boleh gratis, turunnya harus bayar... ah.... trik ini ada di mana-mana....

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Naik Gratis, Turun Bayar
Ditulis oleh Gilang Biantara
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://puncakdarajat.blogspot.com/2012/08/naik-gratis-turun-bayar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

recent post

TEMPLATE CREDIT:
Situs Booking Online Hotel di Garut - Original design by Bamz | Copyright of Puncak Darajat.